Untitled 1 65 - Prediksi PSM Makassar vs Madura United 30 Juni 2019
PREDIKSI BOLA

Prediksi PSM Makassar vs Madura United 30 Juni 2019

QQSamsung.NewsPSM Makassar akan menjamu Madura United pada leg pertama babak semifinal Piala Indonesia 2018, Minggu (30/6). Pertandingan ini akan digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar. Bagi PSM, ini adalah laga yang wajib dimenangkan.

Juku Eja butuh kemenangan bukan cuma untuk membuka peluang ke partai puncak, tetapi juga mengembalikan pamor mereka di hadapan pendukung sendiri setelah terlempar dari persaingan di Piala AFC 2019.

Pelatih PSM, Darije Kalezic, memahami betul situasi ini. Apalagi Piala Indonesia 2018 termasuk ajang yang harus dimenangi musim ini selain Shopee Liga 1 2019. Kabar baiknya, pada duel ini, semua pemain PSM dalam kondisi baik.

“Saat ini, kami fokus dulu pada laga melawan Madura United di Makassar. Ini partai yang harus dimenangi,” kata Darije.

Menjamu Madura United, Darije menyiratkan bakal memainkan Ferdinand Sinaga sebagai starter di posisi striker. Mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini menepis fakta kebugaran Ferdinand belum fit 100 persen. Apalagi, Guy Junior dan Eero Markkanen yang sudah diberi kesempatan sebagai pilihan utama, tidak menampilkan permainan konsisten.

“Kami butuh striker bertenaga dan cepat. Tipe itu ada pada Ferdinand,” kata Darije.

Kalau pun Ferdinand tidak mampu tampil penuh, Darije bisa kembali pada opsi Guy Junior atau Eero Markkanen.

Di sisi sayap. M Rahmat dan Zulham Zamrun hampir pasti jadi pilihan utama. Khusus untuk Zulham, Darije berharap eks pemain Persib Bandung ini menghilangkan kebiasannya yang terkesan individual.

Seandainya Zulham tidak maksimal masih ada Bayu Gatra atau Wiljam Pluim, yang kerap bermain di sisi sayap bergantian dengan Rasyid Bakri.

Meski mengejar gol untuk memenangkan pertandingan, PSM juga wajib berbenah di lini belakang karena Madura United memiliki deretan pemain yang produktif.

Betul Madura United tak diperkuat Andik yang masih cedera hamstring. Tetapi, masih ada Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic, dan Greg Nwokolo. Duet stoper PSM Makassar, Abdul Rahman-Aaron Evans, harus fokus sebagai benteng kiper Rivki Mokodompit.

Jadwal Padat Madura United

Madura United datang ke Makassar dengan skuat yang masih dalam kondisi kelelahan. Sebab, Greg Nwokolo cs. baru menjalani pertandingan pada Kamis (27/6/2019). Mereka menang 2-1 atas Persebaya Surabaya dalam leg kedua perempat final Piala Indonesia 2018 di Stadion Gelora Madura, Pamekasan.

Situasi itu kurang menguntungkan buat Madura United. Apalagi, mereka juga bakal menghadapi jadwal padat. Tim asal Pulau Garam itu masih akan berjumpa PSM dalam dua laga berikutnya pada 4 Juli (Liga 1 2019) dan 7 Juli (Piala Indonesia 2018) dengan status tuan rumah.

“Bisa dilhat tanggal 30 Juni, 4 Juli, dan 7 Juli kami harus menghadapi PSM. Delapan hari tiga pertandingan. Mau tidak mau kami pasti rotasi, PSM pasti sama,” ucap Dejan Antonic, pelatih Madura United.

Laskar Sape Kerrrab juga tidak bisa memainkan dua pemain andalannya, Andik Vermansah dan Zulfiandi, yang selama ini bermain secara reguler. Andik mengalami cedera hamstring, sedangkan Zulfiandi terkena akumulasi kartu.

“Masih ada pemain lain. Saya percaya pada pemain siapapun itu. Kalau mereka mendapat kesempatan, pasti mereka akan memberikan yang terbaik. Pemain kami harus mendapat kesempatan dan kasih maksimal untuk tim,” kata Dejan Antonic.

Dejan tertantang untuk melanjutkan tren positif yang sudah dicatatkan timnya sejak pekan pertama Liga 1 2019. Madura United masih belum terkalahkan dalam enam pertandingan terakhir secara beruntun.

Sama halnya PSM. Tim Juku Eja juga belum terkalahkan di Liga 1 2019. Hanya, mereka baru menelan kekalahan 1-2 dari Becamex Binh Duong dalam semifinal zona ASEAN Piala AFC 2019. Kekalahan itu membuat mereka tersingkir dari kompetisi tersebut.

“Pertandingan cukup panas. Kami akan bermain melawan tim punya tradisi dan suporter fanatik di Indonesia. Sebagai pelatih, saya memandang pertandingan ini bagus, karena punya materi pemain yang cukup bagus,” ujar Dejan.

PERKIRAAN KEDUA SUSUNAN PEMAIN

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi (belakang); Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim (tengah); Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M. Rahmat (depan).

Pelatih: Darije Kalezic.

Madura United (4-3-3): M. Ridho Djazulie; Marckho Meraudje, Fandry Imbiri, Jaimerson Xavier, Andik Rendika Rama (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, David Laly (tengah); Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic, Beto Goncalves (depan).

Pelatih: Dejan Antonic.

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *